Langsung ke konten utama

Napak Tilas Angka ’05 dalam Teks Proklamasi

Keyword : Mengapa di teks proklamasi angka '05 bukan '45?
http://cherishedconnections.files.wordpress.com/2014/04/3-star-rating2.png

http://i557.photobucket.com/albums/ss12/robhy_sevenfold/proklamasi.jpg

Rating : http://cherishedconnections.files.wordpress.com/2014/04/3-star-rating2.png (3 out of 5)

Arti Teks proklamasi- Apakah Anda pernah mengamati teks proklamasi dengan cermat? Apabila Anda jeli, pastinya ada bagian yang akan membuat dahi Anda berkerut. Bagian yang dimaksud ini berada bawah sesudah teks Proklamasi dan sebelum tanda tangan Bung Karno. Bagian yang menunjukkan penulisan tempat dan waktu kemerdekaan Indonesia diproklamirkan inilah yang menimbulkan kejanggalan pada kebanyakan orang, setiap kali membacanya.

Salah-salah, malah bisa menimbulkan kekeliruan yang berujung tertawaan, seperti yang pernah dilakukan mantan Ketua DPR RI 2006, Agung Laksono. Kala itu, ia menyebut “hari 17, bulan 9, tahun 05” yang sontak membuat hadirin dalam upacara Kemerdekaan di Istana Merdeka terkekeh, karena dipikirnya beliau salah membaca. Nah, jika Anda penasaran dengan keanehan ini, yuk, napak tilas sejenak perihal teks proklamasi berikut ini:

Bentuk teks proklamasi

1. Teks proklamasi klad

Teks proklamasi sejatinya terdiri atas 2 bentuk, yang telah mengalami perubahan. Bentuk pertama disebut sebagai naskah Proklamasi Klad, yaitu teks proklamasi asli yang ditulis tangan oleh Bung Karno. Tak hanya sumbangan pemikiran Bung Karno, isi naskah ini juga merupakan buah pikiran dari Bung Hatta dan Raden Achmad Soebardjo Djojoadisoerjo. Jika Anda ingin melihat langsung tulisan tangan Bung Karno dalam dokumen dan bukti sejarah ini, silahkan datang langsung ke Jakarta tepatnya ke Monumen Nasional (Monas) yang merupakan tempat penyimpanan naskah ini.

2. Teks proklamasi otentik

Bentuk teks proklamasi yang kedua adalah yang disebut dengan teks proklamasi otentik. Naskah proklamasi ini merupakan naskah yang telah mengalami perubahan dari bentuk yang ditulis tangan oleh Bung Karno. Secara isi, naskah otentik ini tidak berbeda dengan yang ditulis Bung Karno, akan tetapi terdapat beberapa penyempurnaan kata dan terlihat lebih rapi karena berupa ketikan. Mohamad Ibnu Sayuti Melik atau yang lebih dikenal dengan sebutan Sayuti Melik adalah orang yang telah berjasa mengetik naskah proklamasi ini.

Perihal angka ’05 dalam teks proklamasi

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/bc/Proklamasi_Klad.jpg

Kedua bentuk teks tersebut memiliki isi dan penulisan tahun yang sama, yaitu tahun ’05. Nah, hal inilah yang menimbulkan banyak pertanyaan di benak bangsa Indonesia. Bukankah Indonesia merdeka pada tahun 1945? Bukankah semestinya yang tertulis adalah angka ’45, bukan ’05? Logika Anda memang benar, namun perlu diketahui bahwa pada masa itu Indonesia masih berada di bawak pendudukan Jepang. Hal ini juga membawa pengaruh pada sistem penanggalan yang digunakan.

Kala itu, sistem penanggalan yang digunakan di Indonesia mengikuti sistem tahun penanggalan di Jepang. Pada waktu itu, Jepang mendarat di Indonesia tahun 1941 Masehi yang berarti sama dengan tahun 2601 pada tahun Sumera, tahun penanggalan Jepang. Jadi, saat Bung Karno memproklamirkan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 Masehi, berarti sama dengan tahun 2605 menurut tahun Sumera. Inilah mengapa dalam naskah proklamasi tersebut tertulis angka ’05, bukan ’45, karena diambil dua digit terakhir dari tahun 2605.

Sekarang, tentunya Anda sudah paham mengapa tidak ada angka ’45 dalam naskah proklamasi. Jadi, Anda tidak perlu lagi tertawa jika nanti mendengar penyebutan tahun ’05 pada saat pembacaan teks proklamasi dalam upacara Kemerdekaan tanggal 17 Agustus karena itu bukanlah suatu kesalahan. Demikian edisi napak tilas sejarah teks proklamasi kali ini. Salam Dirgahayu Indonesia!

>>TINGGALKAN KOMENTAR<<


Komentar

  1. :idea: Post Title : Napak Tilas Angka '05 dalam Teks Proklamasi

    :idea: Post Location : http://www.pudansiregar.site.bz/post-title.xhtml

    BalasHapus
  2. makasih atas informasi sejarahnya sobt. saya sangat bangga punya dan jadi warga negara indonesia yang memiliki para pahlawan yg luar biasa di masa2 penjajahan dahulu sobt, salut banget saya, niche :)

    BalasHapus
  3. mantep gan , visit http://lokermp3.mywapblog.com/
    http://lokermp3.com/

    BalasHapus
  4. @Bang Frans,

    Makasih udah datang :)

    BalasHapus
  5. @Alief Muzha,
    sama-sama sobt

    Makasih udah datang :)

    BalasHapus
  6. Terima kasih sudah berbagi gan, sekarang saya jadi tau sejarah '05

    BalasHapus
  7. Kunjungan pagi agan.
    maaf nyimak dulu. soalnya mau
    silaturahmi ke mwbers lain.
    oh ya, saya juga mau memberi tahu,
    kalau blog saya pindah ke
    :arrow: www.masih.pagi0.com :left:
    Terimakasih :mrgreen: :roll: :lol:

    BalasHapus
  8. Nice post sob,
    kunjungan pagi..

    BalasHapus
  9. @Gooners Wap,
    Sama-sama gan.

    Makasih udah datang :)

    BalasHapus
  10. @Khoirun JR,
    Silahkan sob

    Makasih udah datang :)

    BalasHapus
  11. @Welli,
    Silahkan sob

    Makasih udah datang :)

    BalasHapus
  12. mantap gan artikel dan judulnya . . .

    Nice post deh

    BalasHapus
  13. Kunjungan pagi Shob :-)

    di tunggu kunbalnya >>http://jeplay.pun.bz

    BalasHapus
  14. Rizkihadi Krisna Saputra15 Januari 2015 pukul 22.04

    benarkah itu sob?

    BalasHapus
  15. Natanael Jansudin Siregar16 Januari 2015 pukul 00.12

    @Rizkihadi Krisna Saputra,
    benar sob.

    Makasih udah datang :)

    BalasHapus
  16. Natanael Jansudin Siregar16 Januari 2015 pukul 00.12

    @jeplay,
    sepp

    Makasih udah datang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna dan Arti Tari Panen

Keyword : Makna dan Arti Tari Tani atau Tari Panen Lengkap Tari panen yaitu tari yang menggambarkan tentang kehidupan petani mulai dari mencangkul, membajak dan menanam padi. Garapan tari ini menggambarkan suka cita, kelompok masyarakat tradisional minangkabau mengolah lahan pertanian. Mereka bekerja, bersenda gurau , dan saling tolong menolong. Kebersamaan ini tercermin ketika musim panen telah tiba.  Dan pada zaman dahulu tari panen ini juga berfungsi sebagai upacara dalam menyambut panen padi sebagai rasa syukur kepada sang dewi, atau disebut juga dengan dewi padi. Dan upacara ini dilakukan pada malam hari dengan mengarak seor ang gadis dara, sebagai lambang dari dewi tersebut. Dan arak-arakan tersebut berhenti di suatu tempat yang luas ( lapangan )  Kemudian kostum yang biasanya dipakai pada tari panen ini, menggunakan kebaya / apok , sinanjang sebuk , dan asesoris seperti gelang dan kalung. Tags : Jelaskan Makna dan Arti dati Tari Tani , Makna da Arti dari Tari Panen , N

Opera Mini 4.21 Beta 35 Super Cepat Hasil Mod

Keyword : Download Opera Mini Super Cepat 2014 2015 Berikut adalah Opera Mod 4.21 Beta 35 yang saya ambil langsung dari situsnya http://opera-mini.ru yang berbahasa Russia, tapi sudah saya terjemahkan ke bahasa Indonesia menggunakan file bahasa terjemahan milik Udien Roy .. Opera tersebut super cepat menjelajah halaman internet melebihi Google Crhoem atau Mozilla .. Sudah terbukti, apabila tidak sesuai yang saya katakan, boleh di kembalikan lagi ( seriuss ) Bagi yang berminat, silahkan Download saja opera tersebut .. Apabila tidak suka tampilan skin warna bawaan, Silahkan Download skin warna opera yang sudah tersedia. Jangan di Extrack , cukup ubah zip menjadi col , ubah menggunakan Opera Mod pun bisa .. Tampilan opera tersebut dapat pula di atur tampilan menu grid seperti opera 5, 6, 7 dan load loadingnya pindah keatas seperti halnya opera tersebut.. Berikut screenshootnya, Opera mod 4.21 mulai beta 10an keatas, sudah dapat diatur tampilan menu grid dan papan tombol keyboard un

Syarat dan Materi Lomba : Natanael Adakan Lomba Menulis Artikel 2015

Keyword : Syarat dan Ketentuan Natanael Adakan Lomba Menulis Artikel 2015 MATERI ARTIKEL LOMBA Materi Kontes dapat berupa pendeskripsian daerah tinggal anda (Disarankan), cerpen, dan hal-hal unik lainnya yang menarik minat membaca. Judul kontes haruslah Natanael Adakan Lomba Menulis Artikel 2015 SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA 1. Penting >> Semua blog builder diperbolehkan mengikuti lomba ini dan semua peserta harus menuruti semua kebijakan dan peraturan dari lomba ini. 2. Penting >> Semua peserta harus menggunakan judul Natanael Adakan Lomba Menulis Artikel 2015 3. PERHATIAN >> Dilarang menggunakan invisible text, dan sebagainya yang berhubungan dengan blackhat. 4. Penting >> Setiap peserta wajib menyisipkan 3 backlink yang dimana mengarah ke http://pudan-siregar.pun.bz contoh : <*a href="http://pudan-siregar.pun.bz" title="Lomba Menulis>di Daerahku<*/a> Note -> Hapus Tanda Bintang (*)    Perhatian : Jangan coba-coba tambahkan &q