Langsung ke konten utama

7 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis dan Cara Menghematnya

Keyword : Penyebab kuota internet cepat habis
Penyebab kuota internet cepat habis
Artikel sebelumnya » AdSense Indonesia - Menghasilkan Uang Lewat AdSense CPM Tinggi

Kuota layanan internet Anda tekor, tanpa Anda sadari? Mungkin Anda kurang memperhatikan gaya dan cara penggunaan smartphone atau modem Anda, sehingga tanpa disadari kuota internet telah habis.

Bagi sebagian orang (maniak smartphone dan Internet), Kehabisan kuota layanan internet bisa lebih menakutkan, bahkan lebih menakutkan dari isi dompet yang habis. “ada yang bilang, lebih baik tidak makan dari pada harus kehabisan kuota internet” gila nggak tu?

Bila kuota internet tekor, sejumlah pilihan untuk berkomunikasi pun ikut terhenti. Mungkin rasanya seperti mati gaya!

Tanpa koneksi data, hiburan digital seperti youtube, online game, musik streaming pun tak bisa dinikmati. Aktivitas online di smartphone Anda akan lumpuh total. Anda tidak bisa bersosialita, berkirim pesan singkat, dan lain sebagainya. Bagi yang suka blogging menggunakan modem, kehabisan kuota juga menjadi penghambat, terlebih ketika posting belum selesai.

Meskipun saat ini, sebagian besar provider telah menyediakan paket data unlimited, akan tetapi tetap saja menjadi kendala. Bila pemakaian sudah mencapai batas wajar yang ditentukan (misalnya batas maksimal 1GB) koneksi internet akan jadi semakin lambat bahkan tidak terkoneksi.

Jika tidak ingin kehabisan kuota internet dengan cepat, Anda perlu membaut sebuah rencana pemakaian data. Anda juga harus paham bahwa gaya pemakaian juga sangat mempengaruhi, terlebih jika tidak dapat di kontrol.

Berikut ulasan lengkap tentang 7 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis, semoga dapat bermanfaat untuk Anda:

  1. Menggunakan Layanan Youtube (Unggah dan Download Video)
Unggah atau download video ke YouTube menyedot kuota internet secara drastis. Bahkan dalam sekejab, kuota internet Anda bisa habis, terlebih untuk video yang memiliki resolusi tinggi. Jika memungkinkan, setting dan rem menggunggah atau donload video yang tidak terlalu penting.

Berdasarkan data yang dihimpun, diperlukan sekitar 200MB kuota data untuk unggah video resolusi tinggi bredurasi 1 menit. Bila dalam sebulan Anda mengunggah 5 video HD, maka diperlukan kuota internet hingga 1 GB. Tips agar kuota data tidak tekor, gunakan koneksi WiFi saat ingin mengunggah video HD.

Artikel terkait
» Cara Download Video Youtube dengan Mudah
  1. Menggunakan Layanan Video Call
Menggunakan layanan obrolan video call via Skype, tergolong sebagai aktivitas yang membutuhkan banyak kuota data. Akan tetapi besarnya konsumsi data tersebut berbeda-beda tergantung dari aplikasi serta resolusi video yang digunakan.

Berdasarkan data yang dihimpun dari kompastekno, video call pada umumnya, membutuhkan kuota internet hingga 3 MB per menit. Jika tidak ingin kuota internet tekor, sebaiknya kurangi pemakaian layanan video call.
  1. Bermain Game Online
Siapa yang tidak tahu asiknya bermain game online? Apalagi sekarang sudah banyak jenis game online yang dapat dimainkan di smartphone. Game sekelas Asphalt 8 atau Modern Combat 5, memang membutuhkan kuota yang banyak. Selain membutuhkan banyak kuota data, aktivitas game online juga menghabiskan waktu Anda.

Selain kehilangan banyak kuota internet, Anda juga kehilangan kesempatan untuk bersosialisasi dengan orang disekeliling Anda atau bahkan orang tercinta seperti isteri dan Anak Anda. Batasi aktivitas Anda bermain game online, dari 3 jam sehari menjadi 1 jam, agar kuota internet Anda tidak tekor.
  1. Menggunakan Layanan Musik Streaming (Mendengarkan Musik Online)
Layanan musik streaming online memang praktis dan asik. Selain hemat memory untuk penyimpanan file musik, Anda juga bisa mendengarkannya dimana saja asalkan ada koneksi internet.

Akan tetapi, layanan ini mengkonsumsi kuota internet yang tidak sedikit. Untuk memutar musik dengan resolusi 320 kbps, total kuota internet yang dihabiskan hingga 2,4 MB permenit. Bayangkan jika Anda memutar musik dalam waktu satu jam.
  1. Menonton Video Online (Steraming Video)
Perkembangan dunia teknologi digital, menawarkan kemudahan untuk menemukan trailer film terbaru atau video klip penyanyi favorit. Situs paling populer adalah Youtube. Ada banyak video asik yang dapat kita nikmati untuk menghiangkan kepenatan saat bekerja.

Yang perlu Anda ingat, video streaming yang ditonton secara online akan menyedot kuota internet Anda. Bahkah, kompastekno menyebut layanan video streaming “penyerap kuota internet paling kejam”. Bila Anda sering menonton berulang-ulang, dan ingin sedikit menghemat kuota internet sebaiknya simpan video tersebut dan Anda bisa nikmatinya secara offline kapanpun dan dimanapun.
  1. Banyak Aplikasi Online Tidak Ditutup dengan Benar
Saat membuka aplikasi online, terkadang lupa menutup dengan cara yang benar sehingga aplikasi masih berjalan. Selain memperlambat kerja smartphone, juga dapat memakan kuota internet Anda. Belum lagi layanan tersebut ada pembaharuan informasi, maka otomatis akan mengurangi kuota internet.

Bila kuota internet Anda terbatas, sebaiknya tutup aplikasi yang Anda buka dengan benar agar tidak mempengaruhi kerja smartphone Anda.
  1. Download File Besar Berlebihan
File besar seperti update aplikasi memang memakan kuota yang besar bahkan dapat menghabiskan kuota internet Anda. Oleh karenanya, perhatikan gaya pemakaian Anda dalam mendownload file, terutama file yang berukuran besar.

Selain memakan memory, download file besar juga akan menyedot kuota internet Anda. Lebih baik alokasikan untuk kepentingan Anda yang lain. Tips agar Anda bisa menghemat kuota internet, lakukan download file besar dan penting menggunakan layanan wifi. Saat ini sudah banyak yang menyediakan layanan hot spot gratis.

Itulah 7 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis, yang berhasil di rangkum dari Cnet dan KompasTekno serta berbagai sumber online lain.

Kesimpulan:

Gunakan kuota Internet Anda dengan bijaksana agar ketika dibutuhkan dalam hal komunikasi, Anda tidak terganggu gara-gara kuota internet habis. Perhatikan dan rencanakan cara pemakaian smartphone Anda, karena jika digunakan berlebihan bisa membuat Anda lupa untuk bersosialisasi dengan orang disekeliling Anda. Jangan korbankan waktu Anda bersama orang-orang tercinta, hanya karena sibuk dengan smartphone Anda.

Komentar

  1. Article Title = 7 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis dan Cara Menanggulanginya
    Article URL = http://pudan-siregar.pun.bz/7-penyebab-kuota-internet-cepat-habis-da.xhtml
    Article Keyword = Cara Menghemat Kuota Akses Internet, Kuota internet saya cepat habis apa solusinya? , 7 Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

    BalasHapus
  2. streaming video yg saya rasa menguras banyak kuota :)

    BalasHapus
  3. Hahaha, bener juga itu, sob

    BalasHapus
  4. Itu khusus android ya untuk menghemat koutanya ? Alhamdulilah kouta saya hemata. hehe Soalnya nggak pakai android.

    BalasHapus
  5. Muhamad Limid Bahari8 Mei 2015 pukul 18.25

    pakai paketan unlimited gan

    BalasHapus
  6. Bahrian Adhi Prasetyo8 Mei 2015 pukul 20.26

    Aku gak suka game online, upload.

    Tapi aku sih sukanya Download and Browsing. :)

    Siang sob. :D

    BalasHapus
  7. Natanael Jansudin Siregar9 Mei 2015 pukul 00.27

    @alief muzha,
    iy sobt

    BalasHapus
  8. Natanael Jansudin Siregar9 Mei 2015 pukul 00.27

    @Afyf,
    ya

    BalasHapus
  9. Natanael Jansudin Siregar9 Mei 2015 pukul 00.28

    @Rifai,
    download dan nonton video di hp symbian atau java juga bisa nguras

    BalasHapus
  10. Natanael Jansudin Siregar9 Mei 2015 pukul 00.28

    @Muhamad Limid Bahari,
    iya

    BalasHapus
  11. Natanael Jansudin Siregar9 Mei 2015 pukul 00.28

    @Bahrian Adhi Prasetyo,
    siang

    BalasHapus
  12. Muhammad Fitrah Pandjalu9 Mei 2015 pukul 02.35

    PanTe$an,Hahaha,kenapa saya ketawa?
    Ditunggu kunbalnya

    BalasHapus
  13. Natanael Jansudin Siregar9 Mei 2015 pukul 02.35

    @Muhammad Fitrah Pandjalu,
    ok

    BalasHapus
  14. Gusnar utomo putra sagala9 Mei 2015 pukul 07.34

    Wah. Pantesan kuotaku cepat habis.

    BalasHapus
  15. Gusnar utomo putra sagala9 Mei 2015 pukul 07.37

    Pantesan kuotaku gk irit.

    BalasHapus
  16. enak pakek gratisan gan

    BalasHapus
  17. Natanael Jansudin Siregar9 Mei 2015 pukul 19.08

    @Gusnar utomo putra sagala,
    Iya gan

    BalasHapus
  18. Natanael Jansudin Siregar9 Mei 2015 pukul 19.09

    @Topdownload,
    Jarang ada trik intesnet gratis di daerah ane

    BalasHapus
  19. Iman amirullah siedewagame12 Juni 2015 pukul 19.20

    wow, bgs kunbal jg y ke
    http://imansietampans.yu.tl

    BalasHapus
  20. bermanfaat sob :-)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna dan Arti Tari Panen

Keyword : Makna dan Arti Tari Tani atau Tari Panen Lengkap Tari panen yaitu tari yang menggambarkan tentang kehidupan petani mulai dari mencangkul, membajak dan menanam padi. Garapan tari ini menggambarkan suka cita, kelompok masyarakat tradisional minangkabau mengolah lahan pertanian. Mereka bekerja, bersenda gurau , dan saling tolong menolong. Kebersamaan ini tercermin ketika musim panen telah tiba.  Dan pada zaman dahulu tari panen ini juga berfungsi sebagai upacara dalam menyambut panen padi sebagai rasa syukur kepada sang dewi, atau disebut juga dengan dewi padi. Dan upacara ini dilakukan pada malam hari dengan mengarak seor ang gadis dara, sebagai lambang dari dewi tersebut. Dan arak-arakan tersebut berhenti di suatu tempat yang luas ( lapangan )  Kemudian kostum yang biasanya dipakai pada tari panen ini, menggunakan kebaya / apok , sinanjang sebuk , dan asesoris seperti gelang dan kalung. Tags : Jelaskan Makna dan Arti dati Tari Tani , Makna da Arti dari Tari Panen , N

Opera Mini 4.21 Beta 35 Super Cepat Hasil Mod

Keyword : Download Opera Mini Super Cepat 2014 2015 Berikut adalah Opera Mod 4.21 Beta 35 yang saya ambil langsung dari situsnya http://opera-mini.ru yang berbahasa Russia, tapi sudah saya terjemahkan ke bahasa Indonesia menggunakan file bahasa terjemahan milik Udien Roy .. Opera tersebut super cepat menjelajah halaman internet melebihi Google Crhoem atau Mozilla .. Sudah terbukti, apabila tidak sesuai yang saya katakan, boleh di kembalikan lagi ( seriuss ) Bagi yang berminat, silahkan Download saja opera tersebut .. Apabila tidak suka tampilan skin warna bawaan, Silahkan Download skin warna opera yang sudah tersedia. Jangan di Extrack , cukup ubah zip menjadi col , ubah menggunakan Opera Mod pun bisa .. Tampilan opera tersebut dapat pula di atur tampilan menu grid seperti opera 5, 6, 7 dan load loadingnya pindah keatas seperti halnya opera tersebut.. Berikut screenshootnya, Opera mod 4.21 mulai beta 10an keatas, sudah dapat diatur tampilan menu grid dan papan tombol keyboard un

Syarat dan Materi Lomba : Natanael Adakan Lomba Menulis Artikel 2015

Keyword : Syarat dan Ketentuan Natanael Adakan Lomba Menulis Artikel 2015 MATERI ARTIKEL LOMBA Materi Kontes dapat berupa pendeskripsian daerah tinggal anda (Disarankan), cerpen, dan hal-hal unik lainnya yang menarik minat membaca. Judul kontes haruslah Natanael Adakan Lomba Menulis Artikel 2015 SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA 1. Penting >> Semua blog builder diperbolehkan mengikuti lomba ini dan semua peserta harus menuruti semua kebijakan dan peraturan dari lomba ini. 2. Penting >> Semua peserta harus menggunakan judul Natanael Adakan Lomba Menulis Artikel 2015 3. PERHATIAN >> Dilarang menggunakan invisible text, dan sebagainya yang berhubungan dengan blackhat. 4. Penting >> Setiap peserta wajib menyisipkan 3 backlink yang dimana mengarah ke http://pudan-siregar.pun.bz contoh : <*a href="http://pudan-siregar.pun.bz" title="Lomba Menulis>di Daerahku<*/a> Note -> Hapus Tanda Bintang (*)    Perhatian : Jangan coba-coba tambahkan &q