Langsung ke konten utama

Gerakan Orang Tua Asuh Untuk Seminari (GOTAUS)

Keyword : Gerakan Orang Tua Asuh Untuk Seminari (GOTAUS)

Apa yang melatarbelakangi munculnya gerakan ini?
Pada bulan Juni 2001, Komisi Seminari bekerja sama dengan para tokoh awam, orang-orang yang peduli atas pendiidikan calon imam seluruh Indonesia, memikirkan bersama bagaimana agar seminari-seminari di Indonesia tetap bisa berdiri tegak dan tetap menjadi tempat pembinaan calon imam yang baik, bermutu, berkualitas juga diperlukan biaya yang tidak sedikit. Pada waktu Mgr. Pujaharjo sebagai ketua Komisi Seminari KWI mengatakan : "...Kami senang dan bersyukur atas begitu banyaknya yang dipanggil, namun kami cukup pusing bagaimana mem-biayainya."
Kita selalu mendengar keluhan di mana-mana bahwa 'kita kekurangan imam'. Kita tidak cukup hanya mengeluh dan mengeluh, tetapi kita harus bertindak secara nyata

Pertanyaannya sekarang : siapa yang bertanggungjawab untuk mempersiapkan imam? siapa yang harus mendukung tersedianya sarana dan prasarana?

Selama ini dana untuk calon imam lebih banyak dibantu dari Roma : Kongregasi Propaganda Fide dan donatur-donatur dari luar negeri. Namun kongregasi tersebut sudah memberi aba-aba bahwa dana untuk pendidikan calon imam di benua Asia akan dikurangi dan pada waktunya akan dihentikan. Dana tersebut akan dialihkan ke benua Afrika. Juga donatur dari luar negeri sudah sangat berkurang atau hampir tidak ada. Membantu untuk daerah misi tampaknya sudah jauh dari kehidupan mereka.

Lalu bagaimanakah nasib lembaga pendidikan imam di masa depan?
Di Indonesia ada 30 Seminari Menengah dengan jumlah seminaris sekitar 3500 orang, sedangkan Seminaris Tinggi ada 15 dengan jumlah frater sekitar 1200. Maka mulai tahun 2001 dicoba digerakkan yang namanya GOTAUS. Gerakan ini sangat disambut dan ditanggapi secara positif oleh kalangan gereja, umat Allah. Gerakan ini masih dalam lingkup yang luas yaitu Indonesia. Secara nasional Gotaus mulai memberikan bantuan pembinaan untuk seminari-seminari di Indonesia.

Sekarang, bagaimana dalam lingkup Keuskupan Agung Medan ini? Dalam pertemuan Komisi Seminari KWI bersama para Koordinator Regio, Juni 2001 di Syantikara Yogyakarta, Bapak Uskup sangat menghimbau dan sangat mengharapkan agar di setiap keuskupan di Indonesia juga digerakkan dan dikembangkan Gerakan Orang Tua Asuh Untuk Seminari ini. Jangan sampai kita terlambat memikirkan masa depan Gereja dan tenaga-tenaganya.

Di Keuskupan Agung Medan ini ada Seminari Menengah dan Seminari Tinggi Interdiocesan. Berfokus pada lembaga pendidikan calom imam tingkat dasar yakni Seminari Menengah. Lembaga ini adalah milik Keuskupan Agung Medan. Oleh karena itu hidup matinya Seminari ini juga merupakan tanggungjawab kita bersama, bukan hanya uskup atau para pembinanya saja.

Jumlah siswa Seminari Menengah Christus Sacerdos Pematang Siantar rata-rata 220 orang pertahun. Mayoritas, mereka berasal dari keluarga yang ekonominya kelas menengah ke bawah. Rata-rata setiap siswa per bulan membayar uang asramadan sekolah Rp. 900.000,-. Jumlah ini kurang mencukupi sebab apabila total biaya dibagi dengan jumlah siswa maka setiap siswa mesti dipungut biaya perbulan di atas Rp 1.300.000,-. Jadi setiap siswa disubsidi kurang lebih Rp 400.000/bulan. Dengan adanya aba-aba bahwa bantuan akan dihentikan, dan berkurangnya donatur luar negeri, maka di masa depan Gereja setempatlah yang harus bertanggungjawab untuk membiayai lembaga pendidikan calon imamnya. Jika umat tidak ikut memikirkan dan membiayai lembaga pendidikan calon imam ini tidak heran, dan pasti bahwa pada suatu saat akan ditutup lembaga pendidikan calon imam ini. Inilah kenyataan yang ada sekarang dan akan kita hadapi bersama.


HIMBAUAN DARI KEUSKUPAN AGUNG MEDAN

Sering terdengar umat mengeluh "kita kekurangan imam". Memang benar bahwa jumlah imam dan umat tidak sebanding. Banyak keuskupan yang kekurangan imam, dan banyak bidang tidak terlayani oleh imam.
Kia sadar bahwa pelayanan dan perutusan gereja adalah tugas seluruh umat. Lalu siapa yang bertanggung jawab untuk mempersiapkan Imam? Siapa yang harus mendukung tersedianya sarana dan prasarana untuk mencapai tujuan tersebut? Ya Gereja, seluruh umat Allah. Tempat yang khusus, langsung dan terarah bagi pendidikan calon imam adalah seminari. Maka keberadaan dan kelangsungan hidup Seminari adalah tanggung jawab seluruh umat.

Kita Patut bersyukur bahwa ditempat kita ini masih tergolong banyak panggilan. Namun bagaimana kelangsungan hidup mereka?

Kelangsungan hidup seminari di keuskupan kita juga membutuhkan perhatian yang serius dari umat Allah setempat. Sebagai pimpinan Keuskupan Agung Medan yang bertanggung jawab atas kelangsungan pendidikan seminari, kami merasa prihatin akan hal di atas. Bagaimana kita dapat menyiapkan imam yang handal, bermutu dan penuh pengabdian pada tugas kalau sarana dan prasarana pendidikannya dibawah standar?

Secara nasional Komisi Seminari KWI memelopori kegiatan yang disebut GERAKAN ORANG TUA ASUH UNTUK SEMINARI, yang disingkat GOTAUS. Gerakan ini patut kita dukung dan tumbuh kembangkan. Karena gerakan ini menyangkut hal yang mutlahdan penting bagi kehidupan gereja kita yakni mempersiapkan calon-calon imam. Maka di Keuskupan Agung Medan ini pun gerakan ini patut kita buat untuk membantu pendidikan dan kehidupan para calon imam. Semoga Tuhan Memberkati usaha dan karya amal kasih kita.

Penyelenggara Seminari Menengah KAM

Mgr. Anicetus B. Sinaga,
Uskup Agung Medan


MEKANISME

Sebagai wujud kepedulian anda, bantuan itu dapat diwujudkan dalam paket donasi per 1 bulan/6 bulan/1 tahun sebesar Rp 50.000; Rp 100.000; Rp 500.000 atau lebih. Bila anda sanggung hanya Rp 20.000/Rp 25.000 per bulan pun boleh. Yang paling utama bukan jumlah uangnya, melainkan PERHATIAN anda. Hati dan doa anda untuk pendidikan para calon imam itulah yang lebih utama.

Wujudkan kepedulian dan perhatian anda dengan ikut serta dalam program paket donasi ini.

Maka :

1. Donatur mengisi formulir kesediaan paket donasi. Untuk formulir anda bisa hubungi email : gotaus.smcspsiantar@gmail.com atau redaksi iklan blog ini di email : officialpudansiregar@gmail.com
2. Cara pengiriman dana bantuan via transfer bank ke rekening : Mandiri cabang Pematang Siantar; nomor rekening: 107-00-0011113; atas nama; SMA Swasta SEMINARI atau bank BNI cabang pematang siantar; No. Rek: 0250604234 atas nama SMA SWASTA SEMINARI MENENGAH

3. Atau melalui pastor paroki anda, selanjutnya pastor paroki akan meneruskan bantuan tersebut ke Seminari Menengah.

4. Donatur dihimbau untuk mengirim SMS ke 082167513350 atau mengirim bukti transfer ke email : gotaus.smcspsiantar@gmail.com

5. Seminari Menengah akan menyusun dan mengirim laporan per semester kepada donatur dan keuskupan.

Seminari Menengah Christus Sacerdos
JL. Lapangan Bola Atas No. 24
Pematangsiantar 21127

gotaus.smcspsiantar@gmail.com


Hubungi via : Pastor Paroki | Fax | FB | Email | gotaus.smcspsiantar@gmail.com



Berminat promosi di blog ini via post? [KLIK DISINI]

Komentar

  1. Gerakan Orang Tua Asuh Untuk Seminari (GOTAUS)..semoga sukses

    BalasHapus
  2. maaf sob aku nyimak aja kalo soal ini,maklum aku muslim.:)

    BalasHapus
  3. sejarahnya sejak 2001 ya ?? lama juga

    BalasHapus
  4. Muhammad Fitrah Pandjalu29 April 2015 pukul 21.38

    Gambarnya GTA
    Hahaha,kenapa saya ketawa?
    Ditunggu kunbalnya

    BalasHapus
  5. Natanael Jansudin Siregar29 April 2015 pukul 22.40

    @Rengga Wira,
    ini bukan gerakan buatan saya

    BalasHapus
  6. Natanael Jansudin Siregar29 April 2015 pukul 22.41

    @Muhammad Fitrah Pandjalu,
    belakangnya bunda maria sobt

    BalasHapus
  7. Natanael Jansudin Siregar29 April 2015 pukul 22.41

    @alief muzha,
    iya sobt

    BalasHapus
  8. Natanael Jansudin Siregar29 April 2015 pukul 22.41

    @sarilah,
    m

    BalasHapus
  9. Post Title : Gerakan Orang Tua Asuh Untuk Seminari (GOTAUS)
    Post URL : http://pudan-siregar.pun.bz/gerakan-orang-tua-asuh-untuk-seminari-go.xhtml
    Post Keyword : Gerakan Orang Tua Asuh Untuk Seminari, GOTAUS, GOTAUS Keuskupan Agung Medan

    BalasHapus
  10. Hehe GTA :grin:

    BalasHapus
  11. Natanael Jansudin Siregar30 April 2015 pukul 08.28

    @Afyf,
    ok

    BalasHapus
  12. Gusnar utomo putra sagala1 Mei 2015 pukul 00.03

    Aku pernah degnar informasinya gan.

    BalasHapus
  13. INFO BOLA SATELIT1 Mei 2015 pukul 02.18

    kunjungan perdana... Ijin nyimak aja...

    Jangan lupa kunbal

    BalasHapus
  14. Assalamu'alaikum @Master Pudan Siregar, sorry sob saya juga muslim, hm

    BalasHapus
  15. wah saya kurang tau

    BalasHapus
  16. Natanael Jansudin Siregar1 Mei 2015 pukul 19.25

    @INFO BOLA SATELIT,
    ok

    BalasHapus
  17. Natanael Jansudin Siregar1 Mei 2015 pukul 19.27

    @dikiunlimited,
    ok, jadi sekarang udah kenal sama Gerakan Orang Tua Asuh Untuk Seminari (GOTAUS) kan

    BalasHapus
  18. Natanael Jansudin Siregar1 Mei 2015 pukul 19.28

    @Atep Setiawan,
    nama saya Natanael Siregar sobt

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna dan Arti Tari Panen

Keyword : Makna dan Arti Tari Tani atau Tari Panen Lengkap Tari panen yaitu tari yang menggambarkan tentang kehidupan petani mulai dari mencangkul, membajak dan menanam padi. Garapan tari ini menggambarkan suka cita, kelompok masyarakat tradisional minangkabau mengolah lahan pertanian. Mereka bekerja, bersenda gurau , dan saling tolong menolong. Kebersamaan ini tercermin ketika musim panen telah tiba.  Dan pada zaman dahulu tari panen ini juga berfungsi sebagai upacara dalam menyambut panen padi sebagai rasa syukur kepada sang dewi, atau disebut juga dengan dewi padi. Dan upacara ini dilakukan pada malam hari dengan mengarak seor ang gadis dara, sebagai lambang dari dewi tersebut. Dan arak-arakan tersebut berhenti di suatu tempat yang luas ( lapangan )  Kemudian kostum yang biasanya dipakai pada tari panen ini, menggunakan kebaya / apok , sinanjang sebuk , dan asesoris seperti gelang dan kalung. Tags : Jelaskan Makna dan Arti dati Tari Tani , Makna da Arti dari Tari Panen , N

Opera Mini 4.21 Beta 35 Super Cepat Hasil Mod

Keyword : Download Opera Mini Super Cepat 2014 2015 Berikut adalah Opera Mod 4.21 Beta 35 yang saya ambil langsung dari situsnya http://opera-mini.ru yang berbahasa Russia, tapi sudah saya terjemahkan ke bahasa Indonesia menggunakan file bahasa terjemahan milik Udien Roy .. Opera tersebut super cepat menjelajah halaman internet melebihi Google Crhoem atau Mozilla .. Sudah terbukti, apabila tidak sesuai yang saya katakan, boleh di kembalikan lagi ( seriuss ) Bagi yang berminat, silahkan Download saja opera tersebut .. Apabila tidak suka tampilan skin warna bawaan, Silahkan Download skin warna opera yang sudah tersedia. Jangan di Extrack , cukup ubah zip menjadi col , ubah menggunakan Opera Mod pun bisa .. Tampilan opera tersebut dapat pula di atur tampilan menu grid seperti opera 5, 6, 7 dan load loadingnya pindah keatas seperti halnya opera tersebut.. Berikut screenshootnya, Opera mod 4.21 mulai beta 10an keatas, sudah dapat diatur tampilan menu grid dan papan tombol keyboard un

Syarat dan Materi Lomba : Natanael Adakan Lomba Menulis Artikel 2015

Keyword : Syarat dan Ketentuan Natanael Adakan Lomba Menulis Artikel 2015 MATERI ARTIKEL LOMBA Materi Kontes dapat berupa pendeskripsian daerah tinggal anda (Disarankan), cerpen, dan hal-hal unik lainnya yang menarik minat membaca. Judul kontes haruslah Natanael Adakan Lomba Menulis Artikel 2015 SYARAT DAN KETENTUAN LOMBA 1. Penting >> Semua blog builder diperbolehkan mengikuti lomba ini dan semua peserta harus menuruti semua kebijakan dan peraturan dari lomba ini. 2. Penting >> Semua peserta harus menggunakan judul Natanael Adakan Lomba Menulis Artikel 2015 3. PERHATIAN >> Dilarang menggunakan invisible text, dan sebagainya yang berhubungan dengan blackhat. 4. Penting >> Setiap peserta wajib menyisipkan 3 backlink yang dimana mengarah ke http://pudan-siregar.pun.bz contoh : <*a href="http://pudan-siregar.pun.bz" title="Lomba Menulis>di Daerahku<*/a> Note -> Hapus Tanda Bintang (*)    Perhatian : Jangan coba-coba tambahkan &q